Agama dan Kepercayaan Penduduk Asia

   Ada banyak kebudayaan dan kepercayaan yang dimiliki oleh masyarakat Asia dan hal ini menyebabkan munculnya agama dan aliran kepercayaan tertentu.

Agama yang dianut oleh bangsa-bangsa Asia adalah Budha (Mahayana (salah satu alirannya adalah Zen), Vajrayana dan Hinayana (di antaranya adalah Theravada)), Islam (Sunni, Syiah (Dua Belas Imam, Ismailiyah dan Sufisme), Ahmadiyah dan Ibadi), Kristen (Protestan, Pantekostal, Aglipayan/Anglikan, Ortodoks (Gereja Ortodoks Timur, Gereja Ortodoks Oriental dan Gereja Timur Asiria), Lutheran, Maronit, Apostolik (di antaranya Apostolik Armenia), Methodist, Pentakosta dan Antinomianisme), Katholik, Hindu (sebagian kecil alirannya adalah Tollotang dan Kaharingan).

Dan ada pula agama lain yang tidak terlalu banyak jumlahnya di Asia seperti Konghucu, Sikh, Tao, Shinto, Yahudi, Konfusianisme, Jainisme, Baha’i, Druze, Tenrikyo, Animisme (seperti aliran Songsarek, Marapu, Tengriisme, dan Shamanisme), Dinamisme, Sinkretisme (seperti Đạo Cao Đài, Gnostisisme (seperti Manikheisme, Kejawen (dibagi lagi menjadi Padepokan Cakrakembang, Sumarah, Budi Dharma dan Maneges)) dan Scientology) dan pandangan kepercayaan lainnya (seperti Agnostisisme, Burkhanisme, Lamaisme, Cheondoisme, Zoroastrianisme, Parmalim, Saksi-Saksi Yehuwa, Hermetisisme, Humanisme dan Atheisme).

Secara keseluruhan, Asia memiliki tujuh agama besar yang dianut oleh masyarakat Asia. Seperti Islam yang dianut oleh kebanyakan penduduk Asia Barat, Asia Tengah, negara-negara Melayu (Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam) dan sebagian Asia Selatan (Pakistan, Afghanistan, Bangladesh dan Maladewa). Kristen merupakan agama yang tidak mendominasi negara Asia mana pun namun menjadi agama yang tersebar ke seluruh pelosok negara Asia. Budha menjadi agama dominan di Asia Timur, sebagian Asia Selatan (Bhutan dan Sri Lanka), dan sebagian Asia Tenggara (Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Singapura dan Vietnam).

Lain lagi dengan Hindu yang hanya menjadi agama yang mendominasi di India dan Nepal. Dan Katholik yang mendominasi dua negara Asia Tenggara, yaitu Timor Leste dan Filipina. Dan Shinto yang menjadi agama dengan pengikut sekitar 4 juta orang di Jepang.

Yahudi menjadi agama dominan di Israel. Ada pula Tenrikyo di Jepang dan pengikutnya 2,75 juta orang. Dan Đạo Cao Đài yang dianut oleh 4 juta masyarakat Vietnam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s