Asia Timur

cina East AsiaThe Great Wall chinaBentuk permukaan bumi kawasan ini didominasi oleh daratan tinggi hingga pegunungan dan hanya memiliki daratan rendah yang sempit di pesisir pantainya. Pulau tunggal di kawasan ini hanyalah Pulau Formosa (Taiwan) dan dua kepulauan yang menjadi negara, yaitu kepulauan Jepang dan kepulauan Hongkong.

Lebih dari 1.500 juta jiwa, atau sekitar 40 persen seluruh penduduk Asia atau juga setara dengan seperempat penduduk dunia tinggal di daerah ini. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah terpadat di dunia. Kepadatan penduduk Asia Timur, 230 jiwa per km², adalah lima kali rata-rata kepadatan penduduk dunia.

Sejarah Asia Timur, dan juga beberapa bagian Asia Tenggara, banyak dipengaruhi oleh Tiongkok. Misalnya, seluruh negara-negara Asia Timur menggunakan aksara Tionghoa pada beberapa waktu dalam sejarah mereka. Daerah Tiongkok, Jepang, dan Korea memiliki sistem tulisan yang saling berhubungan. Hal ini menyebabkan kawasan ini disebut sebagai kawasan budaya Sinosphere. Secara budaya, Vietnam yang berada di Asia Tenggara merupakan bagian dari Sinosphere.

Bangunan ternama dari kawasan ini adalah Tembok Raksasa Cina, Terakota Qin dan Menara Porselen Nanjing di Republik Rakyat Cina. Di Jepang, terdapat beberapa bangunan kebudayaan yang cukup terkenal, di antaranya adalah torii (gerbang kuil Shinto) ryōbu torii pada Kuil Kubō Hachiman di prefektur Yamanashi, yang dibangun pada tahun 1535, yang membuat torii ini sebagai torii kayu tertua di dunia. Selain itu ada pula Kuil Tōdai-ji (東大寺) yang didirikan pada abad ke-8, merupakan bangunan kayu tertua di dunia yang hingga kini masih bertahan. Salah satu bangunan di kawasan ini yang terkenal adalah Bandara Qamdo Bangda di RRC. Bandara ini memiliki landasan pacu terbang terpanjang di dunia, yaitu 5.500 meter. Bandara tertinggi di dunia (berada pada ketinggian 4.334 meter dari permukaan laut) ini berada di Prefektur Qamdo, Tibet, RRC. Bandara ini berjarak 137 km dari pusat Qamdo.

 

Di daerah Cina pedalaman, terdapat gurun Taklamakan seluas 272.000 kilometer persegi yang tandus. Gurun tertinggi berada di Lembah Qaidam (2.600 m dari permukaan laut) sedangkan gurun terendah berada di Lembah Tupan atau Turfan (150 meter di bawah permukaan laut). Namun gurun Gobi (seluas 1.295.000 kilometer persegi) yang terletak di Manchuria tetap menjadi gurun tertandus dan terluas di Asia. Gurun Gobi juga menjadi gurun terdingin di dunia, yang pada malam hari, suhu di kawasan ini dapat mencapai -40°C. Kawasan ini memiliki titik daratan yang merupakan titik terjauh dari lautan (320 km dari pantai terdekat) adalah kota Urumqi di daerah otonomi Xinjiang di Republik Rakyat Cina pada 46°16.8′ LU 86°40.2′ BT. (sekitar gurun Dzoosotoyn Elisen). Posisi ini adalah garis lurus sejauh 2648 km dari garis pantai terdekat.

 

Kawasan Asia Timur memiliki berbagai sengketa wilayah dan pengakuan wilayah atas nama suatu Negara. Seperti Makau dan Hongkong yang merupakan Special Administrative Region (Wilayah Administartif Khusus) dari RRC, meskipun kedua kota ini ingin memisahkan diri dari negara induknya. RRC juga mengakui bahwa pulau Formosa yang didukuki oleh Taiwan merupakan bagian dari wilayah RRC. Beberapa negara memandang Taiwan sebagai suatu negara yang terpisah dari RRC, namun ada pula negara yang menganggap Taiwan adalah bagian dari RRC. RRC juga terlibat dalam sengketa wilayah dengan Filipina tentang Kepulauan Spartly di Laut Cina Selatan, juga terlibat bersama Malaysia, Brunei Darussalam dan Vietnam.

 

Kawasan ini juga merupakan tempat munculnya agama Konghucu, Tao dan Shinto. Namun agama lain seperti Kristen, Katolik, Budha dan Islam pun juga dianut oleh masyarakat Asia Timur. Sungai besar yang turut menjadi tonggak kehidupan di kawasan Asia Timur daratan adalah sungai Yang-Tze-Kiang dan sungai Huang-Ho yang berada di kawasan RRC. Puncak tertinggi kawasan ini adalah gunung Gasherbrum I yang memiliki ketinggian 8.068 meter dari permukaan air laut. Negara terbesar dan terluas di kawasan ini adalah Republik Rakyat China (9.600.000 kilometer persegi) dan negara terkecilnya adalah Macau (29,5 kilometer persegi). Garis perbatasan darat yang terpanjang di dunia juga ada di kawasan ini, yang dimiliki oleh Republik Rakyat Cina, yang sepanjang 22.117 kilometer. Hal ini juga menjadikan RRC cebagai negara dengan jumlah negara tetangga terbanyak di dunia, memiliki 14 negara tetangga yang berbatasan langsung. Kawasan Asia ini memiliki pulau Honshu di Jepang yang merupakan pulau terluas di Asia Timur (227.414 km2) sekaligus menjadi pulau dengan penduduk terbanyak di Asia Timur (sekitar 103.000.000 jiwa). Dalam pengkategorisasian PBB, Asia Timur memiliki kode area 030. Adapun batas-batas wilayah Asia Timur adalah:

  • Utara               :           Siberia
  • Timur              :           Samudera Paifik
  • Barat               :           Kazakstan, Kirgiztan dan Tadzikistan.
  • Selatan            :           India, Nepal, Bhutan, Myanmar, Laos, Vietnam,

Laut Cina Selatan dan Filipina.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s