Asia Barat

Kawasan ini sering juga disebut sebagai kawasan Timur Tengah, karena kawasan ini berada di tengah belahan bumi timur. Keadaan alam Asia Barat cenderung  tandus dan kering karena intensitas hujan yang rendah. Hal ini disebabkan karena letak geografis kawasan ini yang berada di antara tiga benua luas yang mengapitnya, yaitu Asia, Eropa dan Afrika sehingga angin yang bertiup ke daerah ini bersifat kering dan hanya membawa uap air yang sangat sedikit sekali setelah melewati daerah-daerah luas di sekitar Timur Tengah. Sehingga tanaman yang dapat hidup di daerah ini hanya kaktus di daerah gurun-gurun, pohon kurma di daerah oase-oase dan pohon zaitun di daerah sekitar pesisir pantai laut Mediterania.

Hanya ada tiga pulau besar yang berada di daerah ini, yaitu Siprus, Bahrain dan Sokotra (milik Yaman). Danau terkenal di kawasan ini adalah Danau Yordania atau Laut Mati di perbatasan Israel, Palestina dan Yordania, danau ini berada pada 424 meter di bawah permukaan air laut dan menjadikannya sebagai titik daratan terendah di muka bumi. Danau ini pun terkenal dengan kadar garamnya yang sangat tinggi (sekitar enam kali lipat kadar garam di samudera) sehingga dapat membuat benda apapun mengampung dan hampir tidak ada makhluk hidup di dalamnya, kecuali beberapa jenis bakteri.

Pegunungan yang membentang di daerah ini adalah Pegunungan Zagros (di Iran) dan Pegunungan Taurus (di Turki). Gunung tertinggi di Timur Tengah adalah Gunung Demavent di Iran bagian utara yang memiliki ketinggian 5804 meter dari permukaan laut. Gurun-gurun yang menutupi permukaan bumi Timur Tengah adalah gurun Rub Al Kali (Arab Saudi), Dashti Kavir (Iran) dan gurun Negev (Israel). Gurun-gurun di kawasan Asia Barat memiliki kandungan pasir tertinggi di dunia. Karena pada umumnya kandungan pasir dalam suatu kawasan gurun hanya memiliki kandungan pasir sekitar 10% hingga 15% sementara gurun-gurun di kawasan Asia Barat melebihi kandungan pasir rata-rata gurun pasir dunia. Kawasan ini juga memiliki semenanjung terbesar dunia, yaitu Semenanjung Arabia, dengan luas 1.250.000 mil2. Di kawasan ini, terdapat kawasan tandus di bagian utara Kuwait, bernama Mitraba yang merupakan kawasan terpanas di Asia, yang mengalami suhu hingga 55o C pada tanggal 15 Juni 2010.

Asia Barat juga dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu:

  • Levant (Syam), wilayah ini meliputi  Lebanon, Suriah, Yordania, Palestina, Israel, Irak, Turki dan Siprus.
  • Semenanjung Arab, wilayah ini meliputi Arab Saudi, Kuwait, Bahrain, Qatar, Persatuan Emirat Arab, Oman dan Yaman.
  • Kaukasus, wilayah ini meliputi Azerbaijan, Armenia dan Georgia.
  • Hamparan Iran, wilayah ini hanya meliputi Iran.

Namun terjadi berbagai pandangan yang menyatakan bahwa Georgia, Azerbaijan dan Turki merupakan bagian dari benua Eropa karena persamaan budaya, politik dan lain sebagainya terhadap benua tersebut. Ada beberapa Negara yang terpisah akibat batas-batas alam antara Asia dan Eropa, seperti:

  • Turki

Negara ini memiliki empat propinsi (Istanbul, Tekirdağ, Kırklareli dan Edirne) seluas 24.143 km2 di benua Eropa, terpisahkan oleh selat Bosporus. Secara alami, keempat propinsi ini merupakan bagian dari Eropa, bukan Asia.

  • Azerbaijan

Sebagian kecil dari wilayah Negara ini berada di bagian utara Pegunungan Kaukasus, yang menjadi batas alam bagi Asia dan Eropa. Kawasan yang berada di benua Eropa ini ialah kawasan Guba-Khachmaz dan rayon Khizi di kawasan Absheron.

Beberapa Negara di Asia Barat seperti Turki, Siprus, Armenia, Georgia dan Azerbaijan termasuk dalam Majelis Eropa (Council of Europe) dalam kancah dunia politik mereka. Hal ini disebabkan masyarakat dari lima negara tersebut bukan bagian dari bangsa-bangsa Arab dan lebih condong kepada Eropa.

Sungai terpanjangnya adalah Sungai Efrat dan Sungai Tigris di Irak. Di antara dua sungai tersebut mengapit suatu daratan luas yang sering disebut sebagai Mesopotamia. Suatu kawasan yang diperebutkan oleh bangsa-bangsa Timur Tengah pada masa lampau, seperti bangsa Akkadia, Sumeria, dsb. Di kawasan ini juga terdapat kota tertua di dunia yang tidak pernah ditinggalkan oleh penduduknya, yaitu Damaskus di Suriah, yang dihuni sejak 5.000 SM. Penduduk Arab Saudi adalah pengguna parfum terbanyak di dunia per kapita, yaitu sekitar 0,95 liter untuk setiap orangnya, laki-laki, perempuan, dan anak-anak.

Bangunan kebudayaan yang terkenal di daerah yang berkode 145 di PBB ini adalah Ka’bah di Mekkah, Arab Saudi, yang merupakan masjid terbesar di dunia. Ada pula Petra di Yordania. Di kawasan Timur Tengah ini juga terdapat kuburan muslim terbesar dunia, Wadi as-Salam di Najaf, Irak. Ada pula Ziggurat Ur yang merupakan Ziggurat terbesar di dunia, terletak di propinsi Dhi Qar, Irak, dimana luas bagunan dasarnya seluas 61×45,7 meter.

Dari kawasan Timur Tengah muncul tiga agama yang bersifat Abrahamic, yaitu Kristen, Islam dan Yahudi. Kristen dan Yahudi berasal dari Israel sementara Islam berasal dari Arab Saudi. Selain itu ada pula kepercayaan Baha’I dan Zoroastrianisme yang berasal dari Iran. Negara terluasnya adalah Arab Saudi (2.331.00 kilometer persegi) dan negara terkecilnya adalah Gaza (363 kilometer persegi). Kawasan Timur Tengah dikelilingi oleh:

  • Utara                           :           Turkmenistan, Laut Kaspia, Laut Hitam, Russia,

Bulgaria dan Chechnya.

  • Timur                          :           Afganistan, Pakistan dan Laut Arab.
  • Selatan                        :           Laut Arab dan Selat Bab Al Mandeb.
  • Barat                           :            Laut Merah, Mesir dan Laut Mediterania.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s